Senin, 03 Maret 2014

LET OUT THE BEAST (read: EXO)


                Juni!! Juli!!! Hahay… LIBURAN!!! Liburan itu emas. Berarti banget dan mahalnya super buat orang-orang malas seperti saya. Wkwkwk. Apalagi, (akhirnya) EXO is BACK!!! Auw…. Saranghaeyo..



                Rasanya lama banget saya nggak nulis di blog, sama lamanya kayak EXO yang nggak comeback-comeback lebih dari tiga kali puasa tiga kali lebaran :p . Awalnya selama liburan, saya udah nyusun jadwal buat nulis. Bahkan udah kepikiran apa-apa yang bakalan saya tulis, dari nulis fanfiction, thriller, puisi,  dari mulai tokoh, perwatakan, alur, ending udah kepikiran semua. Tapi liburan kali ini, saya bener-bener gak mood nulis, apapun itu. Awalnya karena angin-anginan selama KKN yang rasanya kayak naik gunung, nanjak banget gak nyampek-nyampek. Capek.  Asli.  Sumpah. Beneran. Apalagi selama kebanyakan angin pas KKN, diri ini udah kebanyakan di-PHP-in sama EXO. Beritanya bener-bener simpang siur. Apalagi ada beberapa lagu yang udah leaked, yang sempat heboh pake banget diantara para EXO stan.




                Kalau boleh jujur, sebenarnya saya ini termasuk orang yang moody banget. Bang moody itu yang persemayam dalam diri saya ini paling gampang dibentuk dan dipengaruhi oleh reinforcement ataupun punishment dari lingkungan (yaelah, balik lagi ke semester lalu). Salah satu cara ngrubah dan nyiptain mood yang paling ampuh bagi saya adalah lagu. Yup, lirik lagu itu boleh dikatakan sebagai katalisator dalam mood saya. Nah, itu sama saja dengan EXO, yang bikin saya kecanduan gara-gara What is Love nya yang bener-bener saya anggap sebagai mahakarya jenius para Mozart jaman sekarang. Hehehe. Nah, gara-gara EXO gak comeback-comeback, hilanglah sebagian soundtrack hidup saya (drama banget, eh). Huhuhuhu.... Apalagi kena KKN selama liburan ini. Beuh… udah gak keitung berapa kali saya harus nyetel Get Out – AOA; Warrior, No Mercy, I Remember – B.A.P;  atopun  That XX – G.D bahkan sampek I Knew You were Trouble – Taylor Swift. Bahkan kalau pun lagi sadar, bisa nyetel serupa-rupa Never Give Up – B.A.P; Love Song – Eric Nam; My Girl atau Stand Up – BtoB. Paling parah, kalau lagi low bener-bener serasa Childlike – John Park. Jadi serupa sinetron gitu kehidupan liburan saya kali ini, tentunya dengan soundtrack yang itu-itu aja. Bosen, iya. Sedih, banget.

                Jadi, setelah panjang, lebar, dan tinggi sehingga menjadi suatu volume, kali ini saya posting soal albumnya EXO yang baru, yaitu XOXO. Nah, apaan tuh? Agak absurd nama albumnya, gak bisa baca. Kiss and Hug merupakan ejaan dari nama album EXO yang kali ini bener-bener full album. Jadi  XOXO semacam emoticon gitu. Sedikit ng414y, tapi it’s okay selama cupdate biar gak kudet (oops).  Nama Kiss and Hug, juga gak sembarang comot. Kiss and Hug mengarah pada dua album baru EXO yang di-realese dua macam yaitu versi korea (Kiss Version) dan versi Mandarin (Hug Version). Meskipun kali ini mereka dipisahin, mana EXO-K dan EXO-M, tapi yang bikin bingung kenapa pas nyanyi versi korea ataupun mandarin tetep dibedain, misalnya aja nih di lagu Baby, Don’t Cry (salah satu favorit saya) yang nyanyi versi Korea ya Baekhyun, D.O, Suho, Chanyeol kalau versi mandarin ya Chen, Luhan, Kris . Meskipun di lagu WOLF, mereka berdua belas nyanyi bareng. Mungkin maksud dari mereka bakalan jadi satu, selain leadernya sekarang jadi single cuma Suho doang, pas nyanyi mandarin ataupun korea mereka bakalan tampil berdua belas walaupun yang nyanyi pastinya beda.  Tapi, gak masalah lah, selama mereka tetep mertahanin semangat we are one mereka.


 
                Kali ini EXO gak muncul dengan teaser video-video seperti  di mini album MAMA mereka. Tapi kini mereka muncul dengan narsis dalam teaser foto-foto hitam putih. Agak sedikit sebel, karena ketika kita terlalu over excited terhadap sesuatu, ternyata sesuatu yang diharapkan cuma jadi ini doang. Serasa… cuma gini? Hah, beneran? O.o. Serupa D.O sambil kedip-kedip lampu lemess.  Tapi bersyukurlah, mereka masih comeback, kirain bakalan dibubarin. Konsep foto mereka yakni anak sekolahan alias masa-masa paling indah (katanya). Mereka muncul dalam serangkaian foto dengan menggunakan seragam sekolah ataupun seragam olahraga sekolah mereka. Mungkin ini berkaitan sama iklan IVY CLUB yang mereka bintangin kali yee… jadi bisa boleh dibilang iklan IVY CLUB kemarin beneran aji mumpung skalian promosiin album mereka kali ini. Nah, dibeberapa foto juga ada badge khas. Ada tulisan FIRST YEAR dibawah XOXO, jadi semacam X-MEN FIRST CLASS ya… Yah, maksudnya kayak gitu. Kalau di X-Men First Class, diceritain tentang awal mula para mutan-mutan waktu jaman sekolah, nah, EXO juga gitu, disini ceritanya jaman sekolah para kedua belas makhluk yang mengaku sebagai alien. Bingungnya disini, apa hubungan alien sama serigala? Apa serigala itu nenek moyangnya alien? Atau mungkin sebelum jadi alien dengan kekuatan super mereka itu serigala-serigala abege yang galau gara-gara jatuh cinta sama cewek yang seharusnya jadi santapan yang cheesy and creamy itu? Gak ngerti deh. Tapi bagus kok. Konsepnya keren. Kalau gini kan berasa kalau EXO itu bener-bener masih muda, karena aslinya emang beneran 90-liners keatas.



 
                Nah, Let’s check tracklist dari XOXO yang Kiss Version dan Hug Version:

- CD 1 (Kiss Ver.)-
01. 늑대와 미녀 (Wolf)
02. Baby, Don’t Cry (인어의 눈물)
03. Black Pearl
04. 나비소녀 (Don’t Go)
05. Let Out The Beast
06. 3.6.5
07. Heart Attack
08. 피터팬 (Peter Pan)
09. Baby
10. My Lady
11. 늑대와 미녀 (Wolf) (EXO-K Ver.)
12. 늑대와 미녀 (Wolf) (Chinese Ver.)

– CD 2 (Hug Ver.)-
01. 狼与美女 (Wolf)
02. Baby, Don’t Cry (鱼的眼泪)
03. Black Pearl
04. 蝴蝶少女 (Don’t Go)
05. Let Out The Beast
06. 3.6.5
07. Heart Attack
08. 彼得潘 (Peter Pan)
09. Baby (第一)
10. My Lady
11. 狼与美女 (Wolf) (EXO-M Ver.)
12. 狼与美女 (Wolf) (Korean Ver.)

                Semua lagunya sama (yaiyalah!), cuma beda bahasanya sama yang nyanyi doang. Wkwkwk. Feel nya juga sama kok, terkadang. Tapi emang kalau yang bawainnya beda dengan karakter suara berbeda, mood yang dibawa lagu juga kerasa beda. 

                Lagu pertama, jangjangjangg….. WOLF (pake efek confetti-confetti. Biar rame. Ato lebay K??) Lagu ini, seperti yang sudah disebutin diawal, ceritanya tentang serigala yang lagi jatuh cinta sama seorang manusia berjenis kelamin perempuan pastinya. Si serigala ini bimbang nan galau, gara-gara si cewek itu seharusnya jadi makanannya. Liriknya agak aneh, tapi emang beneran aneh. Ada beberapa lirik (versi korea) yang agak mmm… mmm…, seperti ini: 

I get a feeling all at once, in one bite, I will put you in my mouth like cheese
I’ll smell your scent, enjoy your color and eat you more elegantly than drinking wine

It’s really strange. Apalagi ditambah kehadiran suara cewek bukan, apalagi cowok juga bukan, yang ada dibagian refrainnya setelah auman khas serigala: Auww…. Saranghaeyo. Pertama kali denger versi leaked nya, ketawa ngakak. Sumpah. Sambil gulung-gulung, roll depan, roll belakang, ditambah loncat harimau. Gak bisa bayangin dan gak percaya banget kalau itu bakalan jadi lagunya EXO. Ternyata eh ternyata, lagu leaked itu beneran lagunya EXO. Meskipun versi koreanya itu sesuatu banget, tapi mungkin yang versi mandarin agak lebih baik. Misalnya pada lirik yang sudah disebutin sebelumnya, versi Mandarinnya  seperti ini

The nature of the wild is hard to resist, how much I swallow you in a bite that’s sweet like honey
First taking in the scent, admire your exquisiteness, just tasting of red wine, I’ll enjoy you elegantly

Eh, sama aja ya. Sama aneh ya. Hehehe. Tapi tetep ada bagian yang candu kok, pas Kai nge-rap kayak maling dikejar polisi, kerennnn.  Ditambah kalau di versi korea yang pas bagian Lay, Xiumin, dan Tao. 

neomu areumda areumda areumda-un! keudae nae nima nae nima nae nima who-o! nareul duryeowo duryeowo duryeowoma!
naneun teukbyeorhan teukbyeorhan teukbyeorhan Wolf! keudae sarang-han sarang-han sarang-han Wolf! ne-ge nuni meon nuni meon nuni meon Wolf!


Setelah itu ditambah tarian tremor keder-keder aneh yang bikin apa? Ini apaan sih? Tapi tetep kok, lagu WOLF ini keren. Tariannya Top banget. Visualisasi di MV nya juga lumayan. Gak heran kalau lagu ini yang membawa EXO memenangkan beberapa penghargaan di beberapa acara musik. Great Job pokoknya. Banyak jempol buat arangernya, composernya, dance creatornya, dan juga alien-aliennya, eh, sekarang serigala ya.
               
                Lagu kedua, jangjangjanggggg…. BABY, DON’T CRY. Nah, nih lagunya udah sempet dipamerin Luhan dan Chen sebelumnya pada showcase debut mereka dan di teaser dance videonya Kai. Lagunya bener-bener kerennnn. Katanya sih, ini lagu bercerita tentang seorang putri duyung yang jatuh cinta sama manusia. Trus si dugong, eh putri duyung itu bakalan berubah menjadi duyung selamanya pas tengah malam. Lalu, si manusia rela tuh, nukar jiwanya buat jadi gelembung, supaya si duyung gak berubah. Nah, nangis tuh si putri duyung, makanya dibilangin jangan nangis. Gak romantis ya? Truthfully, this song is pretty beautiful. So beautiful, until you can get shed crocodile tears. Hehe. Ini salah satu lagu favorit saya, walaupun semua lagu di XOXO ini adalah favorit bagi saya. Tapi ini salah satu lagu yang bakalan saya putar berulang-ulang tanpa bosan. Salah satu lirik favorit saya yaitu pas bagian: 

when you smile, sunshines.

Omigooo… kerenn.. apalagi pas dengerin lagu ini pas banget ketemu si sunshines ^^
Walaupun gak ada (atau mungkin belum) MV nya, tapi saya sempat lihat pas mereka nyanyi live di Shimshimtapa. Beuh… sumpah mereka nyanyinya bener-bener dengan jiwa. Meskipun kadang ngakak sendiri lihat ekspresi si Suho. Bukannya yang nangis seharusnya ‘dia’, eh, malah si Suho yang kelihatan mewek. Gak jadi nangis deh, tapi geli. Hehehe. Tapi lihat video mereka yang ini bener-bener motivated saya buat gak nyanyiin Baby, Don’t Cry dengan sembarang tapi kudu sincerely. Lagi-lagi, saya perlu ngasih banyak-banyak jempol buat lead vocal EXO Baekhyun, D.O, Chen, Luhan, dan Suho serta rapper mereka Kris dan Chanyeol, mereka bener-bener kelllleeeeennnnnn sekaleeee.

                Lagu ketiga,terengterengtenggg… BLACK PEARL. Ini juga salah satu lagu yang pernah ada di masa-masa debut dulu. Lagu ini bercerita tentang betapa berharganya seorang cewek kayak mutiara hitam, ambon manise geto. Nah, keromantisan liriknya dikemas dengan nada dan beat yang unik gitu deh. Kalau saya bayanginnya ini lagu satu tema seperti Pirates of the Carribean. Pas banget sama Black Pearl nya yak.wkwkwk.

                Lagu keempat, terengrengrengg.. DON’T GO. Ini salah satu lagu yang gak kerasa genre K-POP nya, tapi lebih kerasa POP. Bagussss banget. So Beautiful. Salah satu recommended juga, nih. Ini bukan lagu patah hati seperti kesan pertama saat baca judulnya. Lagu ini salah satu episode jatuh cinta lainnya. Kalau WOLF dan BABY, DON’T CRY cerita tentang jatuh cinta pada makhluk lain, kalau BLACK PEARL cerita tentang cinta ala Jack Sparrow, nah di DON’T GO jatuh cintanya pada malaikat gitu. Jadi serupa kayak lagunya Coboy Junior: Kau bidadari, jatuh dari surga, dihadapanku …… #eaaaaaaa.

                Lagu kelima, tararaararararaa…. LET OUT THE BEAST. Nah, ini juga lagu yang pernah dipamerin di teaser pas mereka pertama kali debut. Keren. Beatnya gak kenceng-kenceng banget. Bagian Rapnya bener-bener okeehhh… Kali ini ceritanya cinta (lagi), tapi juga ada pembuktian ke cewek yang disukainya semacam: ini nih gueh yang paling keren n keceh. Tapi ada bagian yang lucu, sekali lagi. 

Now right! (Right!) Left! (Left!) look left Now Step! Step!
Now right! (Right!) Left! (Left!) turn around Now Step! Step!

Elah, semacam mau baris berbaris aja, pak. Kiri. Kanan. Kiri. Kanan. Oke banget kalau dipake lomba baris berirama. Wkwk.

                Lagu keenam, dugeundugeun…. 3.6.5. Dari judulnya ini kelihatan seperti lagu senam, atau lebih cocok lagu berhitung gitu. Hehe.. gak ding. Sekali lagi, ini episode lain dari kedua belas pemuda yang lagi jatuh cinta. Entah apa hubungannya jatuh cinta, sama hitung-hitungan. Mana hitung-hitungannya gak bener lagi, tiga, enam, lima. Apa ini serupa bilang deret dengan pola tertentu kali ya? Ya, pola-pola ketika seorang jatuh cinta. Eheheheh. Diliriknya memang sering-sering muncul angka tiga ataupun lima seperti:

Get crushed three times, even if you cry around the fifth one
If you overcome it five times, you begin to see the end of it
Atau lagi disini:
Laugh loudly three times, listen to a song five times
If you sleep for five hours, it won’t be a big deal

Tapi, masih belum menemukan kesinambungan dengan arti dan maksud liriknya. Lagu ini punya beat yang ceria, ala-ala anak abege gitu deh. Salah satu lagu yang saya putar berulang-ulang di playlist saya. Awalnya lagu ini juga salah satu yang sempat leaked selai lagu WOLF. Lagi-lagi, saya dulu gak percaya ini bakalan jadi lagunya EXO. Secara dari serius dan keindahan WHAT IS LOVE serta kekerenan tapi agak sedikit sesatnya MAMA langsung berubah jadi abege-abege hooray sih? Tapi apa sih, yang gak mungkin buat EXO yang juga masih seumur jagung yang mungkin belum keliahatan mau dibawa kemana EXO ini. Banyak jempol lagi ah buat lagu ini. But, finally i found the meaning of 3.6.5. It means days on a year. Baru tahu saat ada bagian : 3.6.5 nan maeil achim. nah tuh, baru nyadar pas ada kata maeil. Hadeuh... kadang saya sadar kalau saya ini benar-benar kurang teliti.

                Lagu ketujuh, durururummmmm… HEART ATTACK. Nah, kalau ini lagunya candu banget. Kalau di tahun ini memang lagi booming banget lagu yang judulnya Heart Attack dari lagunya Demi Lovato sampai One Direction. Nah, kalau ini lagu-lagu bimbang ini. Lagu menjelang putus lah. Masih akan putus. Belum sempat putus gitu. Ini juga salah satu lagu yang gak bakalan telinga bosen, walaupun bukan jenis-jenis pop ataupun ballad, yang merupakan favorit saya. Ehehehe.

                Lagu kedelapan, tereretettt…. PETER PAN, eh sekarang udah ganti jadi Noah, gak lah, judul lagunya emang beneran PETER PAN. Saya sangat sukaaaaaa lagu ini. Cantik banget lagunya. Ya, mungkin karena judulnya PETER PAN dan lirik-liriknya juga nyerempet-nyerempet Tinker Bell ataupun Cinderella. Hehehe. Lagu jatuh cinta lain yang gak kalah bagusnya sama yang lain. Recommended lagi deh. Ahh… ini gak bakalan bosen dengerin ratusan kali. Pas banget sama momen sunshine. Ehehehe ^^
Lagu kesembilan, jangjangjjjangggg (lama-lama capek texting sound effect kayak gini)….. MY LADY. Lagu ini genrenya jazz ini menunjukkan kemampuan vocal yang baik dari para lead vocalnya. Apalagi ditambah dance nya Kai yang sempat dipamerin pas Showcase ataupun di teaser dancenya. Uwowowoo. Keren banget pokoknya. Lagu ini memberikan kesan tentang cerita jatuh cinta yang seksi. Seseksi coklat dan seglamor berlian. Liriknya juga indah banget. Apalagi kalau visualisasinya semacam jaman-jaman Sherlock Holmes gitu, beuhh.. dapet banget feel nya.
                Lagu Kesepuluh dan kesebelas, WOLF yang dihadirkan dengan versi lain. Gak usah dibahas lagi ya. Sama aja.
               
                Overall, lagu di XOXO ini bener-bener keren banget. Semua tracklist nya recommended. Memang kebanyakan isinya cerita-cerita jatuh cinta dan cinta lagi, gak seperti yang di MAMA yang lebih something exo—extraordinary. Tapi okee banget kok semua lagunya. Super great job buat EXO dan timnya. Saya bangga jadi EXO stan. Saya juga turut bahagia XOXO udah meluk dan cium saya selama saya berada dalam masa-masa pendakian gunung hingga adanya sunshines itu. Pendakian gunung saya memang tidak selamanya melelahkan, semua  akhirnya juga indah kok. Jadi masih percaya dong sama ‘happily ever after’. Harus percaya. Apa sih yang gak mungkin, kalau percaya sama Tuhan. Let God lead us. Sekali lagi, Let Out the Beast! Let Out the Best! Let Out EXO! And Give Luhan to me!!!! Hahahaha..




p.s.
actually, tulisan ini sudah saya publikasikan hampir satu tahun yang lalu. Karena baru ingat ada beberapa hal yang belum dibenahi akibat kesalahan pribadi, makanya dipublikasikan ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar